4 Cara Membersihkan Lidah dengan Mudah dan Cepat

Apakah lidah Anda terasa kasar dan sering mengalami masalah kesehatan pada lidah? Jika iya, ini menjadi salah salah satu indikator lidah Anda kotor.  Pada dasarnya lidah adalah organ tubuh manusia yang memiliki peranan yang penting. Lidah ini digunakan sebagai indera perasa. Tanpa lidah, kita tidak bisa merasa makanan apapun.

Lidah juga menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif. Ini sering kotor karena sering digunakan sebagai tempat keluar masuknya makanan sehari-hari. Tanpa disadari, ini bisa dijadikan sebagai sarang bakteri. Maka dari itu, lidah harus sering dibersihkan agar terhindar dari masalah ini.

Soal membersihkan lidah memang bukan hal yang sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membersihkan lidah. Ini mengingat jika lidah menjadi salah satu bagian yang cukup sensitif. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan lidah, yaitu :

  1. Siapkan beberapa peralatan untuk membersihkan lidah terlebih dahulu seperti sikat gigi dan odol
  2. Berkumurlah dengan air yang bersih. Sikat secara perlahan bagian lidah dengan menggunakan odol. Lakukanlah dengan arah gosok dari atas ke bawah
  3. Setelah itu, berkumurlah menggunakan air hangat
  4. Lebih afdol lagi, setelah menyikat lidah Anda harus berkumur dengan obat kumur. Ini dilakukan dengan tujuan supaya kuman yang ada di dalamnya mati secara sempurna. Ini juga bisa digunakan untuk mencegah bau mulut.