Alasan Mengapa Air Penting Bagi Manusia

Tahukah Anda aoa sumber daya paling pending di planet bumi ini?Selain udara, air merupakan sumber daya paling penting di planet bumi ini.Hal ini dikarenakan air menjadi esensi dari semua kehidupan.Hal ini bisa terlihat dari unsur air di bumi yang berjumlah dua pertiga dari permukaan bumi yang merupakan air.

Bahkan, sekitar 60-70% dari komponen tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, bila manusia kekurangan air akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti dehidrasi, lemas, pingsan, bahkan meninggal. Itulah yang menjadi alasan mengapa air penting bagi manusia. Selain untuk manusia, air juga merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi tumbuhan, hewan, dan lingkungan.

Namun, apakah arti air yang sebenarnya? Dalam kamus KBBI air diartikan sebagai cairan yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, yang secara kimiawi mengandung unsur hydrogen dan oksigen.selain dapat mengatasi dehidrasi, ternyata air memiliki manfaat  yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat air yang dapat Anda ketahui:

  • Air Melumasi Sendi

Manfaat pertama air bagi tubuh manusia yaitu untuk melumasi sendi.Tulang rawan ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80% air.Jika Anda mengalami dehidrasi dan dibiarkan begitu saja justru dapat mengurangi kemampuan meredam guncangan sendi dan akhirnya dapat menyebabkan nyeri sendi.

  • Membentuk Air Liur dan Lendir

Seperti yang diketahui, air juga merupakan bahan pembentukan air liur dan lendir.Namun, apakah fungsi air liur dan lendir tersebut?Air liur dalam tubuh ini dapat membantu Anda mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata agar tetap lembab.Sehingga dapat mencegah gesekan dan kerusakan.

  • Air Memberikan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa secara kimiawi air mengansung unsur hydrogen dan oksigen. Nah, manfaat air yang selanjutnya yaitu dapat menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh manusian.Mengapa demikian?Darah terdiri atas lebih dari 90% air, dan darah pada tubuh manusia ini membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh manusia.

  • Melapisi Otak, Sumsum Tulang Belakang, dan Jaringan Sensitif Lainnya

Tahukah Anda jika dehidrasi juga dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak?Yaps, dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran. Maka dari itu jika Anda mengalami dehidrasi segeralah meminum banyak air. Hal tersebut dibutuhkan sebagai pencegahan agar kerja otak tetap terjaga.

  • Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat air yang selanjutnya ini bukan dari segi kesehatan dalam tubuh, namun dari segi kecantikan.Ternyata air juga bisa meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit manusia.Apabula tubuh dehidrasi, kulit bisa lebih rentan terhadapt gangguan kulit dan kerutan dini. Nah, dengan mengonsumsi air, kulit Anda akan lebih lembab, segar dan sehat.

  • Mengatur Sistem Pencernaan

Dalam sistem pencernaan, air juga sangat dibutuhkan.Sebab, usus sistem pencernaan membutuhkan air untuk bekerja dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat air yang baik untuk kesehatan manusia. Dengan melihat manfaat diatas, semakin terlihat jelas alasan mengapa air penting bagi manusia. Maka dari itu, hal yang sangat wajib bagi Anda untuk menjaga kejernihan air.Anda dapat menggunakan penjernih air agar air dapat terhindar dari kotoran dan polusi.

Hal ini dikarenakan, air mudah sekali terpapar polusi lingkungan dan akhirnya menjadi tidak baik untuk dikonsumsi.Nah, fungsi penjernih air di sini untuk selalu menjaga kondisi air tetap bersih dan baik untuk dikonsumsi manusia, hewan, maupun tumbuhan.