Cara Mengatasi Air Sumur Bor Berpasir Hitam

Selama ini, banyak penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada air sumur. Hal ini dikarenakan sumur adalah sumber air bersih yang mudah membuatnya dan murah pembangunannya. Namun nyatanya, sumur tidak seperti mata air yang tidak ada masalah. Salah satunya adalah air sumur bor berpasir hitam.

Seperti diketahui, ketika membuat sebuah sumur sudah jelas bahwa kamu menginginkan air bersih. Namun jika air sumur bor bermasalah, pasti membuat kualitasnya berkurang. Salah satunya adalah air yang mengandung pasir hitam. Air yang semula jernih dan bersih, menjadi keruh dikarenakan adanya pasir hitam di dalamnya.

Sudah jelas bahwa air sumur yang berpasir sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Sebab kandungan pasir yang ada di air, bisa masuk ke dalam tubuh dan beresiko menimbulkan penyakit. Hal ini yang kemudian membuat kamu harus menguras dan mencuci air sumur tersebut agar tidak tercemar oleh pasir.

Salah satu caranya adalah dengan menyedot air sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah dengan pengurasan tersebut, diharapkan semua pasir yang ada di dalam sumur bisa terangkat. Memang, cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Namun tak sedikit orang yang gagal dalam melakukan metode tersebut. Mungkin dikarenakan saking banyaknya pasir hitam. Sehingga membuat gagal dalam melakukan pengurasan pasir hitam.

Cara Mengatasi Air Sumur Bor Berpasir Hitam

Sebenarnya, cara mengatasi air sumur bor berpasir hitam sendiri bisa kamu lakukan secara mandiri. Memang tidak semudah yang dibayangkan, namun jika gagal maka hasilnya sama saja. Sehingga disarankan agar memanggil tukang yang sudah berpengalaman.

Sebab jika kamu melakukannya sendiri, maka resiko yang terjadi juga cukup besar. Namun jika kamu berani menanggung resiko tersebut, maka tak ada salahnya untuk mengerjakan sendiri. Tanpa berlama-lama lagi, berikut merupakan caranya :

  • Pertama, kamu angkat pipa mata jet yang sudah terpasang pada sumur. Kamu harus melakukannya secara hati-hati. Memang bagian ini sangat sulit untuk diangkat, jadi jangan dipaksa. Kamu longgarkan sedikit pemasangan pipa tersebut, caranya adalah dengan memutar-mutar pipa.
  • Setelah semua pipa sudah terangkat, sekarang kamu lakukan pemasangan filter air tanah pada pipa. Filter pasir paling sederhana adalah dibuat dari strimin atau kawat kasa nyamuk.
  • Kemudian, filter tersebut dipasang pada lubang pemasukan air, yakni pada pipa paling bawah. Kamu harus mengikat pemasangan pipa dengan kuat. Kamu bisa menggunakan tali plastik atau kawat stainless stell supaya tidak mudah berkarat.
  • Lalu kamu pasang kembali semua pipa saluran air ke dalam sumur.
  • Sembari kamu memasukkan pipa, kamu juga bisa mengecek semua pipa agar dalam keadaan bagus semua. Sehingga tidak ada yang bocor.
  • Disarankan agar mengurangi panjang pipa sepanjang 1 hingga 3 m. Hal ini dilakukan pada pipa yang berada di bawah mata jet atau tussen klep.
  • Setelah itu, jangan lupa agar kamu mengecek hasil pekerjaan ini.
  • Kamu nyalakan mesin pompa air, kemudian kamu amati kualitas air sumur bor yang keluar. Kemudian seharunya volume ruang air yang semakin meningkat dalam sumur bot, membuat kandungan pasir tidak mudah tersedot.
  • Meski pasir hitam tersebut tersedot, namun pasir tersebut akan tertahan oleh kawat kasa. Sehingga butiran pasir tersebut tidak ikut mengalir dalam saluran pipa menuju kran.
  • Alhasil, air sumur bor yang keluar tidak akan membawa butiran pasir hitam. Kini kamu bisa menggunakan air jernih tersebut.