Bahaya Sakit Mata pada Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Morning sickness ketika hamil merupakan hal biasa yang terjadi. Anda mungkin merasa kaget ketika mengalami masalah atau perubahan pada bagian mata. Meskipun merupakan peristiwa yang tak biasa, sakit mata ketika hamil tidak akan mudah mengganggu kesehatan ibu hamil. Rasa sakit pada mata dapat disebabkan oleh perubahan hormon, retensi air dan metabolisme di dalam tubuh. Ada beberapa jenis sakit mata pada ibu hamil yang perlu diperhatikan.

Mata kering menjadi jenis sakit mata yang dialami oleh ibu hamil. Mata kerin dapat terjadi ketika hormon ibu hamil mengalami perubahan. Perubahan hormon membuat mata terasa kering dan nampak berpasir. Ibu hamil akan merasa kurang nyaman ketika mengalami mata kering. Kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya  dan memiliki sifat yang sementara. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat memanfaatkan tetes mata yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan pengawet.

Mata merah menjadi jenis sakit mata lainnya yang kerap dialami oleh ibu hamil. Penyakit yang dikenal pula dengan istilah konjungtivitis ini timbul akibat mata yang mengalami infeksi. Mata akan mengalami peradangan dan membuat mata nampak kemerahan. Mata yang kabur juga merupakan jenis sakit mata lainnya yang terjadi dan dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini tidak akan memberikan rasa sakit pada mata. Perubahan penglihatan tersebut sangat umum dialami oleh ibu hamil dan tidak perlu untuk diwaspadai.