Cara Belajar Bahasa Inggris Melalui Film

Salah satu cara untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan melalui film. Bagi Anda yang gemar menonton film atau tv series tentunya hal ini bisa Anda lakukan dengan senang hati. Anda bisa menonton film atau tv series saat sedang santai atau untuk menghabiskan waktu luang. Film sebagai metode pembelajaran Bahasa Inggris memang efektif untuk digunakan. Hal ini karena film tidak seperti belajar Bahasa Inggris di kelas yang kaku dimana murid harus duduk dan mendengar penjelasan dari guru. Anda bisa menikmati film sebagai suatu hiburan yang utuh, namun Anda juga tetap bisa belajar dari situ.

 

Film Sebagai Media Belajar

Film yang digunakan sebagai media belajar tentulah film yang menggunakan audio dan subtitle Bahasa Inggris. Akan menjadi percuma jika film yang ditonton bukanlah film dengan audio dan subtitle berbahasa Inggris. Dengan audio dari film tersebut, Anda bisa melatih kemampuan listening Anda. Anda juga lebih paham tentang pelafalan suatu kata dan juga aksen Bahasa Inggris yang digunakan di film tersebut. Dengan subtile dari film tersebut, Anda bisa belajar struktur kalimat formal dan informal, yang mana keduanya sama-sama penting untuk dipelajari.

 

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Meskipun film adalah salah satu hiburan yang bisa Anda nikmati, namun sebenarnya Anda bisa menggunakan film untuk belajar Bahasa Inggris. Berikut ini tips untuk belajar Bahasa Inggris lewat film.

 

  1. Siapkan buku catatan

Saat menonton film, Anda akan membaca subtitle dan mendengar audio berbahasa Inggris. Di sinilah kemampuan listening dan reading Anda diuji. Karena itulah akan lebih baik jika Anda menyiapkan buku catatan di samping Anda. Apa kegunaan dari buku catatan tersebut? Tentunya untuk mencatat kata-kata yang terdengar asing untuk Anda. Apalagi mendengarkan audio dari native speaker merupakan suatu tantangan tersendiri. Anda harus memasang telinga Anda baik-baik.  Saat Anda sudah mendapatkan daftar kata-kata yang terdengar asing bagi Anda, saatnya untuk mencari tahu artinya dengan menggunakan kamus.

 

  1. Belajar bersama teman yang pintar Bahasa Inggris

Tahukah Anda bahwa berdua itu lebih baik daripada sendiri? Hal ini bisa Anda terapkan saat belajar Bahasa Inggris. Agar Anda kemampuan Bahasa Inggris Anda semakin meningkat, maka sebaiknya Anda belajar bersama dengan teman yang pintar Bahasa Inggris. Teman Anda bisa membantu Anda untuk tahu arti dari kata-kata yang terdengar asing bagi Anda. teman Anda juga bisa menjelaskan struktur dari suatu kalimat. Bagimana rumusnya dan cara penggunaannya. Biasa dalam film akan digunakan idiom atau istilah. Teman Anda juga bisa menjelaskan arti dari idiom tersebut. Bahkan Anda juga bisa saling mengoreksi jika teman Anda membuat kesalahan. Dengan cara inilah maka kalian berdua akan mempunyai wawasan yang berkembang.

 

  1. Praktekkan

Tips ketiga adalah dengan mempraktekkan apa yang sudah Anda pelajari selama menonton film. Semua catatan yang Anda tulis bisa Anda praktekkan. Misalnya ada dialog yang menarik bagi Anda, maka Anda bisa mempraktekkan dialog tersebut. Anda juga bisa melakukan percakapan tentang film tersebut. Bahkan membuat ulasan dari fil tersebut dalam Bahasa Inggris juga merupakan ide yang bagus.

 

Jika Anda merasa bahwa menonton film di rumah masih belum bisa memaksimalkan kemampuan Bahasa Inggris Anda, maka datanglah ke kursus Bahasa Inggris di kota Bekasi yang menggunakan film sebagai salah satu sarana belajar Bahasa Inggris. Di sana Anda bisa bergabung dengan rekan belajar dan didampingi dengan guru yang bersertifikat baik. Sehingga Anda bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda.