Yuk Cari Tahu 4 Cara Memperbaiki Aki Sepeda Listrik Yang Bermasalah

Keberadaan sepeda listrik sangat membantu  kegiatan sehari hari. Selain jalannya yang lebih cepat dibandingkan sepeda kayuh, sepeda tersebut juga bisa bergerak tanpa tenaga manusia. Namun salah satu bagian di sepeda listrik yang sering bermasalah adalah aki. Oleh karena itu, yuk cari tahu cara memperbaiki aki sepeda listrik yang bermasalah bersama sama!

Cara Memperbaiki Aki Pada Sepeda Listrik

  1. Memperbaiki Kabel Hall Sensor

Beberapa problem yang berkaitan dengan aki juga berhubungan dengan kabel hall sensor. Jika anda ingin memperbaiki aki nya, maka pastikan jika bagian ini ikut diteliti dengan seksama. Kerusakan pada dinamo akan menyebabkan aliran listrik tidak berjalan dengan baik. lahasil, mesin menjadi pincang dan sepeda tidak dapat menyala tanpa bantuan tenaga manual.

Jika dibandingkan dengan kerusakan mounting akibat modifikasi yang tidak sempurna, hall sensor adalah yang paling sering terjadi. Tentu problem ini sulit diatasi oleh anda yang tidak mengenal bagian mesin dari sepeda listrik. Oleh karena itu, mintaah bantuan tenaga ahli agar kerusakan tidak menjalar ke bagian yang lain.

  1. membongkar aki yang berada di box

Saat anda tahu jika aki mengalami kerusakan, anda perlu mengeluarkan aki dari dalam tubuh sepeda terlebih dahulu. Copot setiap baut yang ada dan usahakan box terbuka dengan sempurna agar anda bisa melihat jumlah aki yang ada di dalamnya. Umumnya, sebuah sepeda listrik memiliki tiga sampai empat aki. Tentu hal ini tergantung masing masing jenis sepeda dan kekuatannya.

Saat membongkar aki, pastikan bahwa anda menyimpan setiap komponen termasuk baut dengan baik. Jika bagian tersebut hilang, maka aku tidak bisa dipasang kembali di dalam sepeda. Mau tidak mau, anda harus mencari baut lain yang ukurannya sama dengan penutup aki. Meskipun sederhana, membongkar aki menjadi tahapan awal memperbaiki aki yang bermasalah.

  1. mengecek tegangan aki

Setelah aki berhasil dibongkar, anda perlu mengecek bagaimana kondisi tegangan yang dimiliki oleh kai dengan alat yang disebut dengan multimeter. Jika anda menemukan aki yang tegangannya kurang dari 12 volt, maka artinya anda perlu ngecas nya terlebih dahulu. Perlu anda ingat bahwa tegangan maksimalnya adalah 12 volt. Jika lebih, maka artinya aki bermasalah.

Aki yang tegangannya melebihi kapasitas maksimumnya menjadi pertanda jika anda kerusakan di bagian cell nya. Bentuk kerusakannya beragam, namun kondisi yang putus menjadi penyebab yang utama. Pastikan pula jika anda telah menggunakan multitester dengan baik. jika angka tegangannya adalah nol, maka dapat dipastikan jika aki telah rusak total.

  1. Mengganti Aki Dengan Yang Baru Jika Bocor

Perlu anda ketahui bahwa aki yang bisa diperbaiki adalah mereka yang kerusakannya hanya berupa turunnya tegangan dan masalah perkabelan. Jika aki sudah bocor, maka anda perlu menggantinya dengan ki yang baru. Saat aki baru telah dipasang, anda tidak boleh mengecas baterai dalam jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini menjadi pemicu kebocoran aki pada sepeda listrik.

Cara memperbaiki aki sepeda listrik yang keempat yaitu mengganti dengan yang baru adalah yang paling mudah dibandingkan cara yang sebelumnya telah disebutkan. Kendati demikian, proses mengganti aki juga tidak boleh sembarangan. Anda harus mencari mereka yang tegangannya dan ukurannya sama dengan sebelumnya agar sepeda listrik bisa berjalan dengan baik.

Bagi anda yang sepeda listrik nya sedang bermasalah, tidak perlu terlalu khawatir. Saat ini sudah banyak bengkel yang menyediakan perbaikan pada sepeda listrik. Tidak dapat dipungkiri jika sepeda tersebut semakin populer dan memiliki lebih banyak penggemar. Anda tidak akan kesulitan mencari sepeda listrik murah yang berkualitas.