Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca Dengan Mudah

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikut ini bisa anda lakukan dengan mudah. Kartu SIM Hp sendiri tentunya sangat penting di ponsel. Ketika rusak, tidak bisa untuk panggilan telepon, sms dan lain lain.

Ada beberapa penyebab kartu SIM tak terbaca seperti usianya sudah lama, dan kuningan kartu SIM rusak atau panas. Jika rusak, maka data data tidak bisa terbaca. Anda perlu memperbaikinya dengan langkah dan cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikut.

Bersihkan Kartu SIM

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca bisa dilakukan dengan bersihkan kartu SIM tersebut. Bersihkan kotoran seperti debu yang menempel di kartu yang mengganggu fungsinya. Bisa pakai penghapus untuk gosok kartu pelan pelan sampai bersih. Setelah bersih, pasang lagi lalu tunggu sampai kartu SIM dapat terkoneksi dengan jaringan HP anda.

Cek Slot Kartu SIM

Kartu SIM tidak terbaca bisa jadi karena slot kartu eror. Jika slot rusak, maka data data kartu tak terbaca meski kartu SIM tersebut normal. Jadi, coba cek slot kartu. Caranya gunakan kartu SIM lain yang normal untuk mengecek kondisi slot. Saat slot tidak bisa membaca, maka artinya kerusakan ada pada slot tersebut bukan pada kartu. Anda bisa ke tukang servis untuk memperbaikinya.

Pengaturan Ulang Jaringan

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikutnya, bisa dengan melakukan pengaturan ulang jaringan. Karena bisa jadi bukan kartunya yang rusak melainkan jaringan operator yang sedang eror.  Masuk ke pengaturan ulang jaringan di HP kamu biasanya setiap ponsel menyediakan pengaturan ini.

Melakukan Factory Reset Smartphone

Cara berikutnya, bisa dengan melakukan factory reset ponsel. Ini bisa atasi kartu SIM tak terbaca. Cara ini memulihkan kondisi ponsel ke pengaturan awal pabrik. Jadi bisa memperbaiki kartu SIM.  Namun perlu diperhatikan mengingat ketika menggunakan factory reset semua pengaturan lama Hp akan hilang, jadi pastikan anda sudah menyimpan file file penting supaya tak terhapus sebelum melakukan factory reset.