Cara Mengecilkan File PDF Paling Mudah Dilakukan Oleh Pemula

Dokumen berformat PDF biasanya memiliki ukuran cukup besar. Besarnya ukuran membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengirimkannya. Untuk itulah, diperlukan pengaturan untuk memperkecilnya. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara mengecilkan file PDF tersebut?

Jika Anda baru pertama kali menemui kendala seperti ini. Tidak perlu dipusingkan dengan keadaan. Karena, mengecilkan file berformat PDF ini terbilang sangat mudah.

Di sini, Kami akan menunjukkan caranya. Tentunya, cara ini jauh lebih mudah. Bahkan, lebih mudah untuk dipahami.

Alasan Memperkecil Ukuran File PDF

Terdapat beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengecilkan ukuran dari dokumen PDF yang dimiliki. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Menyesuaikan Permintaan

Format PDF ini paling sering menjadi lampiran pendukung untuk persyaratan. Sebagai bahan persyaratan, biasanya ada ketentuan mengenai ukuran file yang direkomendasikan.

Apabila ukuran terlalu besar, sudah pasti file ini tidak akan terunggah. Makanya, seseorang perlu mengecilkan ukurannya terlebih dahulu.

  1. Mudah Dibagikan

File ebook biasanya dibuat dalam format PDF. Format ini dipilih lantaran dokumennya jauh lebih rapi. Formatnya pun tidak akan berubah meskipun dikirimkan melalui email.

Untuk mendukung pengiriman ini, seseorang diminta untuk memperkecil ukurannya. Tujuannya supaya memudahkan dalam pengiriman.

Pasalnya, diketahui jika email ini memberikan Batasan maksimal dari ukuran file yang dikirimkan. Semakin kecil ukurannya, proses pengirimannya tentu jauh lebih mudah.

  1. Hemat Ruang Penyimpanan

File berukuran besar tentu saja akan menghabiskan ruang penyimpanan. Ketika ruang penyimpanan semakin mengecil, perangkat elektronik akan terpengaruh. Contohnya lemot ketika dioperasikan.

Tidak ingin mengalaminya, sudah semestinya pengguna lebih cerdas. Yakni meminimalkan penyimpanan file yang ukurannya memang besar. Khusus PDF, ini bisa diakali dengan memperkecilnya.

Cara Memperkecil File PDF

Jika Anda masih sangat awam, ada beberapa cara mengecilkan file PDF yang layak dicoba. Cara ini jauh lebih mudah. Syaratnya ialah menyediakan jaringan internet.

  1. Perkecil File di Smallpdf

Metode pertama ialah menggunakan layanan online di situs Smallpdf. Anda hanya perlu mengakses masuk ke halaman utamanya.

Pastikan bahwa Anda masuk dalam menu compress file. Maka, muncul sebuah kolom untuk kebutuhan pemrosesan.

Di sini, silahkan tekan menu Choose File. Anda tinggal menemukan lokasi di mana Anda menyimpan file. Entah itu di komputer atau pun di Google Drive.

Jika menggunakan Google Drive, pastikan Anda sudah masuk dalam akun Google Drive. Dengan begitu, Anda bisa mengakses seluruh dokumen yang sudah tersimpan.

Langkah selanjutnya dengan menekan Open. Dan tunggulah hingga file terunggah ke sistem.

Setelah itu, atur ukuran yang ingin didapatkan. Jika Anda memilih opsi Basic Compression, ukurannya akan menurun hingga 40%.

Silahkan tentukan sendiri. Kemudian, proses dengan menekan OK/Compress. Hasilnya nanti bisa diunduh lagi.

  1. Perkecil File di Sodapdf

Cara mengecilkan file PDF selanjutnya ialah memanfaatkan layanan di situs Sodapdf. Ini pun menjadi layanan yang cukup recommended dalam memperkecil ukuran file.

Cara kerja hampir sama. Yakni upload file dan compress. Hasilnya tinggal diunduh melalui menu download.

Singkatnya, Anda perlu masuk ke situs. Kemudian, klik ikon garis tiga dan pilih menu Online Tools. Barulah pilih Compress PDF.

Jika sudah, Anda akan diminta untuk menyeleksi file yang akan diperkecil. Dari sini, Anda lanjutkan saja seperti memprosesnya. Yakni memilih opsi regular atau high quality. Lanjutkan tekan Compress File dan hasilnya tinggal didownload.

Kesimpulannya, cara mengecilkan file PDF ini jauh lebih mudah jika menggunakan layanan online. Menariknya, layanan ini cukup banyak. Anda bisa menemukan beberapa jenis dan panduannya di situs komputizen.com.