Begini Cara Menghitung Skor IELTS yang Tepat

IELTS menjadi sebuah syarat wajib yang umum digunakan oleh lembaga internasional untuk menentukan standar kemampuan berbahasa Inggris. Beberapa perusahaan multi nasional bahkan selain menerapkan standar TOEFL juga menerapkan IELTS sebagai standar rekrutmen profesional.

Namun pada kenyataannya, tak banyak pelajar, mahasiswa hingga pekerja yang mengenal tes model IELTS ini sehingga membuat hasil yang diperoleh jadi kurang memuaskan.

Terdapat standar khusus sebagai cara menghitung skor IELTSĀ  yang menentukan keberhasilan para peserta tes baik pelajar maupun pekerja lolos melalui tes IELTS yang dilakukan oleh kelas persiapan IELTS berstandar internasional yang sudah mendapat lisensi dari British Council.

Pengertian IELTS

Sebelum mengetahui lebih jauh cara mengikuti dan menghitung skor IELTS, penting juga diketahui pengertian dari IELTS. IELTS sendiri secara harfiah berarti International English Language Testing System.

Tes ini dalam beberapa tahun terakhir kian dijadikan sebagai standar sebuah tes kemampuan berbahasa Inggris oleh dunia internasional baik untuk dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Penyelenggara tes IELTS dilakukan secara resmi oleh British Council, IDP atau lembaga lain yang telah mendapat persetujuan dari British Council. Bahkan, beberapa kelas bahasa asing kerap mengujicobakan kemampuan berbahasa Inggris para siswanya dengan mengadopsi tes IELTS ini.

Jenis Tes IELTS

Terdapat empat sesi atau jenis tes IELTS yakni: listening section, reading section, writing section serta speaking section.

Sedangkan klasifikasi tes IELTS terbagi menjadi dua yakni: IELTS Academic dan IELTS General Training.

IELTS Academic

IELTS Academic lebih ditujukan untuk peserta yang hendak menimba ilmu ke luar negeri yang kecenderungan penggunaan bahasanya lebih dominan bahasa Inggris. Materi tes IELTS juga akan lebih menitikberatkan pada riset dan analisis.

IELTS General Training

Tes IELTS General Training lebih bersifat umum, tes yang diberikan kepada peserta juga dilakukan untuk mengukur keahlian dalam berbahasa Inggris. Materi tesnya juga lebih dominan tentang tata cara kehidupan dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat sehari-hari.

Cara Menghitung Skor IELTS

Dalam cara menghitung skor IELTS, penguji tidak menerapkan standar lulus atau tidak lulus melainkan berdasarkan penilaian yang mengacu pada penilaian yang dikenal dengan The 9 Band System

Tiap jenis tes IELTS masing-masing dibuat terpisah dengan nilai rata-rata 6,5 skor band, bisa lebih tinggi dari nilai rata-rata atau setara dengan nilai rata-rata.

Proses penghitungan skor IELTS selalu dinilai melalui skala yang sama dengan menghitung skor dari tiap jenis tes mulai dari listening, reading, writing serta speaking. Keempat jenis tes ini memiliki bobot skor yang sama dan hasil keseluruhan dari skor band dibulatkan ke setengah band terdekat.

Contohnya:

Jika skor reading 6,5, listening 5,0, writing 6,5 sementara skor speaking adalah 7,0 maka akan skor band secara keseluruhan akan dibulatkan menjadi 6,5 point.

Itulah tadi pengertian dan cara menghitung skor IELTS yang resmi dan berstandar internasional. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes IELTS ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu dan belajar semaksimal mungkin.

Karena, tes IELTS menjadi standar mutlak bagi seseorang dianggap layak atau tidaknya untuk tinggal di luar negeri baik untuk menimba ilmu atau untuk bekerja. Selain itu juga, dengan mengikuti tes IELTS akan semakin mengasah kemampuan dan keahlian dalam berbahasa Inggris yang sangat penting khususnya di era globalisasi seperti saat ini yang menuntut siapapun untuk mahir dalam berbicara dan memiliki kemampuan berbahasa khususnya bahasa internasional.