Cara Menyambung Beton Lama dan Beton Baru Supaya Kokoh dan Kuat

Dalam sebuah bangunan. Beton menjadi komponen sangat penting. Yakni sebagai penguat struktur konstruksi. Tanpa beton, bangunan tidak kokoh, rapuh. Maka beton fungsinya sangat vital.

Beton sendiri merupakan bahan material yang dibuat dari beberapa campuran ahan perekat, dengan baham agregat dan ditambahkan air. Beton kekuatanya sangat mumpuni. Sehingga banyak yang gunakan sebagai material utama membuat konstruksi bangunan.

Salah satu produk beton adalah Uditch beton, untuk membuat drainase atau saluruan irigrasi.

Nah pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara menyambung beton lama dan beton baru supaya menyatu dan merekat erat.  Penyambunga beton ini dilakukan ini dilakukan untuk menghindari beton rusak, pecah dan risiko lainnya.

Anda pasti telah memahami risikonya bila beton rusak atau retak. Guna mencegah hal hal tak diinginkan, maka anda membuat sambungan antara beton lama dan beton baru.

Cara yang digunakan untuk menyambung beton baru dan lama yang dibahas disini adalah dengan menggunakan lem beton. Seperti namanya, lem beton ini fungsinya rekatkan sambungan beton baru dan beton lama.

Lem beton ini dinilai dapat membantu perekatan beton sangat kuat. Dapay menghilangkan risiko rembes beton, bahkan keropos keropos dan celah kecil pada beton akan dapat diatasi dengan menggunakan lem beton ini.

Lem beton ini mudah didapatkan di berbagai toko. Salah satu rekomendasi lem beton yang banyak digunakan di Indonesia adalah Calbond. Calbond sendiri meripakan sebuah merek lem beton yang sudsh teruji kualitasnya untuk menyambungkan beton.

Cara Menyambung Beton Lama dan beton baru Supaya Kokoh dan Kuat

Berikut ini cara menyambung beton baru dan beton lama menggunakan lem beton.

  1. Sebelum mengoles lem beton, permukaan beton lebih dulu dibersihkan sampai benar benar steril. Kemudian siramlah dengan bersih di permukaanya.

Selanjutnya sediakan perekat yang nantinya akan dipakai untuk menyambung beton lama dan beton baru.

Bahan ini terbuat dari komposisi beton, semen dan air (perbandinganya 1:3:1). Kemudian aduklah hingga komposisi bahan bahan tersebut menjadi rata.

  1. Setelah adukan lem beton berhasil anda buat. Langkah berikutnya anda tinggal menerapoanya di permukaam beton. Caranya tinggal oleskan adukan dengan merata memakai kuas. Bisa juga pakai alat bantu lainnya.
  2. Setelah itu, tunggu sebentar, antara 3 sampai 5 menit supaya adukan lengket.

Kemudian setelah adukan lengket langkah selanjutnya yaitu mengecor beton baru, tepat di sebelahnya.

  1. Pastikan bahwa cor beton ini menempel dengan bagus pada beton lama sehingga keduanya menyatu. Pastikan beton yang sudah disatukan ini perawatanya benar supaya mengering dengan baik. Biasanya lem beton yang dibutuhkan yaitu 90 gram/m2.

Jadi saat anda menambal beton ukuran 100 m2, lem beton yang diperlukan yaitu 9 kg. Lem beton ini selain untuk menyambungkan beton baru dan beton lama, juga berfungsi untuk najan penambal beton keropos, berlubanh dan sebagai bahan aditif.

Lem beton membantu tingkatkan kuatnya kekuatan tarik serya puntir pada struktur beton kalau ditambah ke dalam adukan beton. Selain itu, lem beton ini bisa cegah keropos dam menutup celah celah kecil pada sambungan beton baru dan beton lama.

Nah itulah cara menyambung beton lama dan beton baru dengan menggunakan lem beton. Dengan lem beton, sambungan beton menjadi kuat, bahkan tanpa keropos.