Wajib Tahu! Begini Cara Registrasi Kartu Indosat

Indosat Ooredo merupakan salah satu provider telepon seluler yang banyak digunakan karena memiliki beragam paket internet murah yang disukai masyarakat. Namun, layanan tersebut tidak akan bisa digunakan jika Anda belum melakukan registrasi kartu. Cara registrasi kartu Indosat sebenarnya tidak sulit, namun terkadang sebagian orang malas untuk melakukannya.

Kewajiban registrasi kartu seluler itu sendiri merupakan kebijakan baru dari pemerintah yang berlaku sejak tanggal 31 Oktober 2018. Kebijakan ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi data penggunanya agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Setelah melakukan registrasi, Anda juga bisa dengan leluasa menggunakan layanan dari provider Indosat.

Cara Registrasi Kartu Indosat

Untuk melakukan registrasi kartu, Anda perlu menyiapkan nomor KK (Kartu Keluarga) dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP. Selain itu, pastikan nomor-nomor tersebut juga terdaftar resmi di Dukcapil agar proses registrasi berhasil. Nah, untuk cara registrasi kartunya bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Registrasi Kartu Indosat Melalui SMS

Cara registrasi kartu Indosat yang disarankan yaitu menggunakan layanan SMS karena ini mudah dilakukan dan tidak perlu tersambung jaringan internet. Tenang saja, layanan registrasi kartu melalui SMS ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Caranya, silahkan buat pesan dengan format berikut.

  • Format SMS pengguna baru : NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444

Contoh : 3506728174690002#3506628774890005#

  • Format SMS pengguna lama : ULANG#NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444

Contoh : ULANG#3506728174690002#3506628774890005#

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses validasi selesai. Selanjutnya Anda akan menerima SMS pemberitahuan bahwa nomor sudah berhasil di registrasi dan sudah aktif serta bisa menggunakan layanan telekomunikasi.

  1. Registrasi Kartu Indosat Melalui Website

Selain itu, cara registrasi kartu Indosat juga bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website resmi Indosat. Namun, pastikan dulu Anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan kartu Indosat secara online.

  • Buka browser dan kunjungi website resmi Indosat indosatooredoo.com/registrastion
  • Lalu masukkan nomor Indosat Anda yang ingin di registrasi
  • Masukkan NIK dan Nomor KK yang sesuai, periksa kembali jangan sampai keliru
  • Centang kotak CAPTCHA ‘I am not a robot’ yang tertera
  • Lalu klik ‘Periksa’ dan tunggu hingga prosesnya selesai

Jika registrasi melalui SMS dan website tidak bisa dilakukan atau mengalami kegagalan, Anda bisa mengunjungi gerai Indosat terdekat. Di sana ada customer service yang akan membantu Anda melakukan registrasi dengan benar hingga berhasil. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas dan Kartu Keluarga (KK) untuk informasi NIK dan Nomor KK yang dibutuhkan untuk registrasi.

Cara Cek Registrasi Kartu Indosat

Setelah melakukan cara registrasi kartu Indosat seperti yang dijelaskan, Anda perlu melakukan pengecekan untuk memastikan registrasi berhasil. Caranya cukup mudah dan praktis yaitu dengan mengirimkan SMS dengan format berikut.

  • INFO#NIKatau INFO#MSISDN lalu kirim ke 4444

Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi berisi informasi registrasi kartu Anda. Setelah nomor berhasil terdaftar, Anda dapat menikmati semua layanan kartu antara lain layanan telepon, SMS, akses internet dan lain-lain.

Untuk mendapatkan lebih banyak kemudahan Anda bisa menjadi agen pulsa sehingga lebih mudah ketika ingin mengisi pulsa pribadi dan keluarga. Cara daftar agen pulsa sangatlah mudah karena Anda bisa mengunjungi gerai-gerai pulsa terdekat untuk mendaftar. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan beli pulsa di marketplace atau aplikasi pembelian pulsa secara online.