2 Langkah dan Cara Tanam Padi Agar Lekas Panen

Menanam padi yang tepat memang akan bisa menghasilkan keuntungan. Untuk media tanam dari tumbuhan satu ini biasanya dilakukan di areal persawahan. Namun, terkadang tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat padi yang benar. simak beberapa cara untuk melakukan penanaman padi.

Cara Menanam Padi yang Baik dan Benar

  1. Memilih Benih dan Media Tanam

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika ingin menanam padi adalah memilih benih yang terbaik. Selain itu, anda juga perlu untuk mempersiapkan media tanamnya. Media tanam yang baik memang menjadi salah satu kunci dari keberhasilan hasil panen nantinya.  Anda bisa siapkan lahan dan membersihkannya dari rumput dan gulma. Pastikan pula bahwa tanah yang kering telah dialiri oleh air.

  1. Cara Penanaman

Setelah benih disemai, cara tanam padi adalah dengan memindahkan bibit dari lahan semai ke lahan tanam. Lakukan hal ini dengan hati hati dan jangan sampai merusak tanaman. Kemudian, anda bisa memasukkan bibit dan benih ke bagian lubang yang telah anda siapkan. Untuk satu lubang, pastikan anda menanam dua hingga tiga benih saja.

Selanjutnya, dalam perawatannya, anda pun perlu untuk melakukan penyiangan selama dua minggu sekali. Lalu anda bisa melakukan pengairan sesuai dengan kebutuhan tanaman anda. Anda juga perlu untuk melakukan pemupukan  ketika tanaman menginjak usia satu minggu dengan menggunakan pupuk urea dan TSP.