Gas Alam Adalah Gas Yang bermanfaat

Gas alam adalah bahan bakar fosil yang mempunyai bentuk gas. Gas ini merupakan campuran dari senyawa hidrokarbon yang mempunyai daya yang cukup besar dan tekanan yang cukup tinggi. Ini terbentuk secara alamiah dan membentuk gas alami. Gas alam ini akan terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi atau kandungan. Kandungan di dalamnya berupa minyak mentah.

Komposisi Gas Alam

Pada dasarnya komposisi utama dari gas alam adalah metana. Ini mempunyai kapasitas 80 persen. Sementara itu sisanya adalah etana dan propana sebanyak 7% dan 6%. Ada juga zat isobutana dan pentana yang ada di dalam gas alam.

Komposisi lainnya pembentuk dari gas alam adalah helium karbondioksida dan juga jenis karbon yang lainnya.

Ada juga gas alam tersengit yang tidak berbau. Akan tetapi anda dapat mengetahui kebocoran dari gas ini dengan bau yang tidak sedap sehingga kebocoran itu langsung bisa terdeteksi dengan cepat. Untuk memberikan kemudahan di dalam pengangkutan, gas alam ini terlebih dahulu dicairkan yang mana disebut sebagai gas cair atau yang disebut dengan LNG.

Mengenal Gas Tipe Gas Alam

Setelah mengetahui apa itu gas alam dan bagaimana proses pembentukannya, mengetahui jenis-jenis dari gas alam tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:

  • Gas pipa

Gas pipa adalah sebuah gas bumi yang diperoleh dengan cara dialirkan dari lapangan gas setelah terjadi proses pemurnian. Gas ini akan digunakan kembali sebagai bahan bakar atau juga sebagai bahan baku industri.

  • LNG

LNG adalah sebuah gas metana dengan komposisi 90%. Ini merupakan sebuah gas yang dicairkan pada tekanan atmosfer melalui suhu 163 derajat Celcius minus. Sebelum terjadi proses pencarian, gas ini harus terlebih dahulu menjalani proses pemurnian. Ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan senyawa yang tidak diharapkan misalnya karbondioksida dan hidrokarbon yang berat. Dari proses ini akan juga membantu mengurangi volume gas lebih kecil kurang lebih 600 kali lipat. Penyusutan ini membuat LNG mudah untuk di salurkan dengan tekanan yang   atmosferik.

  • LPG

elpiji adalah sebuah gas bumi yang dicairkan dengan menggunakan komponen propana dan butana sebagai komponen utama. Gas bumi elpiji ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu elpiji propana, elpiji butana, elpiji campuran.

  • C n g

ini merupakan sebuah tugas bumi yang ditempatkan pada sebuah tekanan yang tinggi. Dengan begitu volume yang dihasilkan sekitar 1 per 250 dari volume gas bumi yang dihasilkan dalam keadaan standar. Salah satu tujuan dari pemanfaatan gas tersebut adalah untuk bisa mentransportasikan gas lebih banyak.

Tekanan yang dihasilkan bisa mencapai 250 pada keadaan suhu atmosfir. Semua komposisi dari gas bumi akan dikirim ke konsumen dengan melalui cng yang mana harus memenuhi sebuah spesifikasi tentang gas komersial. Kandungan di dalamnya ada air, karbon dioksida, dan hidrogen.

Ada beberapa fungsi dari penggunaan gas alam ini. Ini berat hubungannya dengan penggunaan untuk kehidupan sehari-hari manusia mulai dari untuk kebutuhan rumah hingga pertumbuhan industri. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:

  • Digunakan sebagai bahan bakar untuk motor dan kendaraan lainnya
  • Gunakan sebagai alat untuk bahan bakar rumah tangga misalnya pada kompor, mesin pemanas dan lainnya
  • Digunakan untuk kepentingan infrastruktur sebuah daerah
  • Digunakan dalam bidang bangunan

Ada banyak sekali gas bumi yang dijual di tempat jual molecular sieve. Ini menjual berbagai macam jenis bahan bakar minyak bumi dengan kualitas yang terbaik yang bisa anda pilih. Harganya tentu saja murah terjangkau yang bisa disesuaikan dengan kantong.