Cara Menjaga Jam Tidur Bayi 5 Bulan Agar Nyenyak

 

Tidur bagi bayi merupakan sebuah kegiatan yang penting. Si kecil banyak butugh tidur supaya tubuhnya bisa beristirahat dan bisa mendapatkan energi yang baru. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pada saat tidur, otak akan menyaring dan juga menyimpan berbagai macam informasi  dan bisa mempengaruhi perkembangan mereka.

Pastikan Hal Ini Sebelum Bayi Tidur

Pada umumnya, pada bayi yang berusia 5 bulan membutuhkan waktu kurang lebih 11 jam setiap hari. Namun, tidak semua bayi memerlukan waktu tidur yang sama dengan yang lainnya. Jika si kecil kurang tidur biasa akan membuat si kecil menjadi lebih rewal dan aktivitasnya pun juga berkurang. Untuk mendapatkan tidur bayi yang berkualitas, maka pastikan sebelum tidur Anda memenuhi beberapa hal seperti berikut, yaitu :

  • Usahakan bayi dalam kondisi kenyang sebelum tidur dimana akan membuat tidur merasa lebih nyenyak
  • Pastikan popok selalu dalam keadaan kering demi kenyamanan mereka
  • Pastikan ruangan selalu kondusif dengan memilih tempat tidur bayi terbaik dan ternyaman

Cara Menjaga Pola Tidur Bayi 5 Bulan

Terkadang, bayi usia 5 bulan sering mengalami gangguan tidur. Ini disebabkan karean pola tidurnya yang tidak teratur.  Lalu bagaimana caranya untuk menjaga pola tidur si kecil agar teratur? Yuk simak pejelasannya sebagai berikut ini.

  1. Pilih waktu tidur yang tepat

Menurut sebuah penelitian, menidurkan anak mulai dari jam 18.30 dan 19.00 adalah waktu yang tepat untuk meninabobokan si kecil khsusunya bagi yang masih berusia dibawah 1 tahun. Ini merupakan waktu yang terbaik untuk membuat si kecil tidur dengan nyaman di malam hari.

  1. Biasakan mandi menggunakan air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman dan rileks. Pada saat memandikan si kecil, usaplah dengan lembut tubuh si kecil dengan menggunakan air hangat. Ini alan membuat si kecil tenang dan santai saat tidur.

  1. Memilih pakaian tidur yang nyaman

Pakaian juga sangat berpengaruh pada pola tidur si kecil. Anda harus memakaikan pakaian yang nyaman yang terbuat dari serat alami misalnya saja terbuat dari bahan katun.Ini bertujuan untuk menghindarkan si kecil dari iritasi dan sering terbangun saat tidur karena merasa tidak nyaman

  1. Pastikan ruangan tidur si kecil redup pencahayaannya

Tidur dengan lampu mati atau redup akan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Anda bisa menerapkannya pada si kecil. Usahakan kamar tidur selalu dalam keadaan redup pada saat jam tidur. Ini akan membuat tidur lebih berkualitas dan juga bisa menjaga kesehatan otak si kecil yang mana menghindarkan berbagai macam masalah otak.

  1. Pijat si kecil 15 menit sebelum tidur

Sentuhan menjadi salah satu hal yang nyaman untuk si kecil. Tidak terkecuali pijatan.  Anda bisa melakukan pijatan lembut ke seluruh bagian tubuh si kecil. Ini akan membuat otot-ototnya  menjadi lebih renggang dan rileks. Dengan begitu si kecil akan tidur lebih nyenyak dari pada biasanya.

  1. Memberikan asi

Pemberian Asi sebelum anak tidur terbangun dari tidurnya merupakan hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pola tidur mereka. Apabila si kecil tidur lebih awal, jangan lupa memberikan ASI pada saat mau tidur. Ini merupakan cara yang ampuh untuk membuat si kecil tidur lebih berkualitas dan juga lebih nyenyak karena bayi sudah merasa kenyang.