Keutamaan Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dari sekian banyak macam dzikir, hasbunallah wanikmal wakil jadi salah satu yang paling banyak diamalkan oleh umat Muslim.  Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil adalah “cukuplah Allah sebagai penolong dan Dia adalah sebaik-baiknya tempat bersandar”.

Kalimat ini bermakna seorang hamba menyandarkan urusannya kepada Allah SWT, karena Allah satu satunya penolong. Keutamaan Dzikir sendiri adalah membuat kita senantiasa mengingat Allah dan Allah senantiasa memperhatikan dan mengingat hamba-Nya yang berdzikir. Sebagaimana pada surat Al Baqarah ayat 152.

Keutamaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Tahukan kamu apa saja keutamaan Hasbunallah Wanikmal Wakil? Nah berikut ini selengkapnya keutamaan dzikir hasbunallah wanikmal wakil yang bisa kamu ketahui :

Sebagai Penolong Seorang Hamba

Wirid Hasbunallah Wanikmal Wakil sudah diamalkan sejak dulu oleh para nabi dan rasul. Dzikir ini untuk meminta pertolongan Allah SWT atas ujian yang menimpa seorang hamba.  Dzikir ini kerap diamalkan untuk meminta pertolongan Allah SWT atas ujian hidup yang sedang menimpa seorang hamba.

Menentramkan Hati

Wirid Hasbunallah Wanikmal Wakil juga dapat menentramkan hati bagi seorang hamba yang mengamalkannya.  Sebab, saat mengingat Allah seseorang akan menjadi hamba yang tawakal (bergantung hanya kepada Allah SWT).

Tak ada ragu di hatinya sebab dia yakin Allah SWT senantiasa bersamanya dan menolongnya.

Tidak Gampang Putus Asa

Berdzikir membuat seseorang tidak mudah putus asa apapun masalah dunia yang dihadapi. Karena Allahlah sebaik baiknya sandaran dan penolong.

Menjadi Muslim Sejati

Jika sungguh sungguh menghayati dan meresapi makna hasbunallah wanikmal wakil. Seorang muslim tak ragu tempuh jalan bentar, tak gentar hadapi berbagai rintangan dan tak takut pada apapun kecuali kepada Allah SWT

Menambah Keyakinan dan Keimanan

Wirid Hasbunallah Wanikmal Wakil juga menambah keyakinan serta keimanan.

Diriwayatkan, Rasulullah SAW membaca dzikir ini ketika dalam perang. Walau jumlah tentara kalah jumlah, serta persenjataan terbatas,  dzikir ini mempertebal keimanan kaum Muslimin, kemudian Allah SWT berikan kemenangan.

Menjadi Dermawan

Mengamalkan wirid hasbunallah wanikmal wakil juga membuat seseorang menjadi dermawan.

Bertawakal

Membaca Hasbunallah Wa nikmal Wakil juga membuat seseorang bertawakal

Dilindungi dari Kejahatan

Allah SWT selalu melindungi hamba-Nya dari berbagai gangguan kejahatan bagi yang senantiasa berzikir.

Diberikan Kekayaan Lahir Batin

Allah akan berikan kekayaan lahir batin bagi yang mengamalkan dzikir Hasbunallah wanikmal wakil sebanyak banyaknya.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Arti dari Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir yaitu cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir menurut sejumlah pendapat ulama, dapat  dibaca guna minta pertolongan Allah SWT. Makna lainnya menurut sumber lain, “hasbunallah” artinya Allah-lah yang mencukupi segala urusan.

“Al wakiil” yakni  bertanggung jawab memberi rezeki serta berbagai kemaslahatan bagi hamba.

Jadi, arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir yakni “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami”. Seperti ada pada surat Ali Imran ayat 173.

Nah itulah tadi keutamaan Hasbunallah Wanikmal wakil. Dengan berdzikir maka seorang hamba akan senantiasa mengingat Allah SWT dan Allah akan senantiasa mengingat hambaNya yang berdzikir. Karena itu dalam segala kondisi kita saat ini, kita harus perbanyak untuk melakukan dzikir, sehingga hidup kita bisa menjadi lebih tenang dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.