Langkah-Langkah Konsultasi Gizi Di Rumah Sakit dan Klinik

Apakah Anda sering melakukan diet tapi tidak berhasil? Bisa jadi ini di sebabkan karena asupan gizi di dalam tubuh tidak seimbang. Mungkin bagi orang awam sangat belum familiar dengan hal ini. Maka dari itu Anda perlu melakukan konsultasi gizi

Tujuan Konsultasi Gizi

Pada dasaranya, konsultasi gizi merupakan sebuah pertemuan antara para ahli gizi  atau disebut juga dengan ahli diet dengan tujuan untuk membantu di dalam meningkatkan kualitas kehidupan, kesehatan, serta kebugaran termasuk diet.

Tujuan dari konsultasi gizi adalah digunakan untuk memastikan bahwa para klien bisa mendapatkan manfaat semua nutrisi yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sementara itu, orang yang mempunyai gangguan penyakit kronis akan bisa mendapatkan manfaar dari kegiatan konsultasi ini sebagai sebuah terapi penyembuhan.

Cara Melakukan Konsultasi Gizi

Konsultasi gizi memang sangat perlu dilakukan. Sebenarnya kegiatan ini sebenarnya perlu dilakukan baik orang yang sehat maupun orang yang mengalami gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gizi. Selain itu, konseling gizi perlu dilakukan oleh beberapa orang berikut ini, yaitu:

  • Orang yang mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental
  • Orang yang mengalami gangguan mood
  • Bagi orang yang sering mengalami gejala rasa sakit yang mana tidak berlangsung dalam waktu lama
  • Orang yang selalu mempunyai mobilitas yang cukup tinggi
  • Bagi orang yang mempunyai riwayat medis yang buruk

Jika Anda adalah salah satu dari beberapa daftar di atas, maka Anda bisa langsung melakukan konsultasi gizi. Anda bisa melakukannya dengan mendatangi rumah sakit maupun klinik yang menyediakan jasa layanan konsultasi gizi. Setelah datang ke klinik, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah untuk konseling gizi  seperti hal berikut ini, yaitu:

  1. Konsultasi Gizi Online atau Daring

Ketika Anda melakukan konsultasi gizi secara online, maka Anda perlu melakukan perjanjian terlebih dahulu dengan ahli gizi yang di tunjuk untuk melakukan konsultasi secara pribadi. Anda bisa memanfaatkan skype atau media online lainnya.

Ada beberapa ahli gizi biasanya mengoperasikan laboratoriumnya sendiri. Biasanya Anda akan diminta untuk mengirimkan kepada mereka mengenai spesimen Anda. Mungkin Anda bisa diminta untuk mengirimkan sampel darah maupun dokumen medis yang akan digunakan sebagai media analisi. Para ahli gizi akan menilai bagaiamana kondisi kesehatan Anda.

  1. Konsultasi Gizi Luring atau Tatap Muka

Jika Anda melakukan konsultasi gizi secara luring atau langsung bertatap muka, maka Ansa bisa langsung mendatangi ahli gizi di mana mereka melakukan praktek. Mereka akan memberikan persyaratan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara detail. Mereka juga akan menanyakan berbagai macam pertayaan yang berkaitan denga riwayat medis dan akan melakukan wawancara secara mendalam. Dengan begitu akan  menjadi lebih tepat sasaran.

Anda harus menemui ahli gizi untuk konseling tidak hanya sekali saja. Anda perlu melakukan konsultasi berkali-kali hingga dirasa sudah bisa mengatasi masalah tersebut. Meskipun sudah bisa diselesaikan, Anda harus tetap melakukan konsultasi berguna untuk memantau perkembanganya. Anda juga tetap memerlukan pengawasan terhadap gizi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai gizi dan kesehatan, maka Anda bisa membaca website Gizigo. Ini terdapat berbagai macam informasi yang menarik tentang kesehatan yang tentunya akan menambah pengetahuan Anda mengenai kesehatan. Selain itu, di sana juga terdapat banyak artikel yang up to date mengenai berita kesehatan yang berada di seluruh dunia. Dengan begitu, ada banyak tambahan ilmu yang akan Anda peroleh.