Mainan Anak Tahun 70 an Ini Tetap Asyik Dimainkan Sekarang

Meski sederhana, tetapi mainan anak tahun 70 an tetap asyik dimainkan sampai sekarang. Justru sebaliknya, kesederhanaan itulah yang membuatnya menjadi lebih bermakna. Jika Anda ingin mengenalkan kepada si kecil bagaimana cara berhubungan sosial dengan baik, maka jenis permainan ini cocok untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Keunggulan Mainan Anak Tahun 70 an

Sederhana

Tahun 70-an mainan anak kecil relatif lebih sederhana dibandingkan dekade-dekade setelahnya. Pasalnya, saat itu teknologi, transportasi, dan setiap aspek penunjang kehidupan belum berkembang pesat. Masyarakat masih mengandalkan alam dan apa saja yang ada di sekitar mereka untuk bertahan hidup, tidak terkecuali ketika mencari hiburan.

Biasanya, anak-anak akan bermain di pematang sawah, sungai, halaman rumah, dan lain sebagainya. Terjadi interaksi menyenangkan antara satu dengan lainnya sembari menunggu malam tiba atau panggilan dari orang tua.

Biaya Minimal

Sejalan dengan kesederhanaan hidup, sarana permainan anak kecil di tahun 70-an juga tidak memerlukan biaya banyak. Bahkan, sering kali dapat dilakukan secara gratis karena hanya perlu melibatkan kondisi alam dan apa yang ada di sekitar mereka.

Minimalnya biaya ini bisa menjadi keuntungan besar jika dikomparasi di zaman sekarang, di mana taraf hidup dan kemudahan memenuhi kebutuhan dasar sudah lebih maju. Bayangkan, Anda akan memberikan permainan tahun 70-an kepada si kecil yang lahir era 2000-an. Bukankah tindakan semacam ini bisa jadi sarana menekan pengeluaran rumah tangga, lalu mengalokasikannya pada keperluan lain?

Bantu Latih Kecakapan Sosial

Permainan masa silam biasanya mengharuskan anak-anak saling berinteraksi, sulit untuk melakukannya sendirian. Dengan kata lain, si kecil harus mau keluar dari rumah dan berusaha mengenal orang-orang di lingkungannya. Pengaturan semacam ini dapat membantu memenuhi kebutuhan buah hati Anda sebagai makhluk sosial.

Dalam praktiknya, anak akan belajar bagaimana berbicara dengan orang lain, memanajemen emosi, berbagi, dan masih banyak lagi. Namun demikian, bukan berarti orang tua bisa bebas melepaskan mereka tanpa pengawasan. Anda tetap perlu melihat bagaimana pola interaksi si kecil meski hanya dari jauh.

Ketahui Apa Saja Mainan Anak Tahun 70 an

Petak Umpet

Permainan ini sangat disenangi pada masanya karena tidak memerlukan peralatan khusus. Anak-anak hanya harus bersembunyi dengan salah satu di antara mereka menjadi penjaga. Apalagi, suasananya akan semakin seru jika melibatkan lebih banyak orang.

Ular Naga Panjang

Ular naga panjang tidak kalah menggembirakan di mana sekelompok anak akan bermain di tanah lapang. Mereka diharuskan saling menyentuh pundak masing-masing dan berbaris seperti halnya ular. Nantinya, akan ada dua penjaga yang bertugas membentuk lorong untuk dilewati oleh barisan tersebut.

Bola Bekel

Bola bekel membutuhkan peralatan khusus berupa satu buah bola karet serta enam biji bekel. Cara memainkannya hanya dengan mengatur posisi enam biji bekel tersebut sesuai ketentuan sambil menangkap bola yang sebelumnya dilemparkan ke atas.

Kelereng

Kelereng lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki meskipun perempuan juga dapat bergabung di dalamnya. Umumnya sekelompok anak akan mencari tanah lapang dan menggali lubang berdiameter kecil di atasnya. Setelah itu, mereka berusaha untuk memasukkan kelereng ke dalam lubang tersebut.

Jika Anda tertarik menyiapkan mainan anak tahun 70 an, cobalah manfaatkan penyedia jasa jual playground anak. Melalui penyediaan playground, mereka jadi memiliki tempat khusus untuk melakukan berbagai macam eksplorasi. Mulai dari petak umpet, ular naga panjang, bola bekel, hingga kelereng, semuanya dapat dilakukan dengan ceria.