Manfat, Doa Sholat Dhuha Beserta Artinya

Shalat dhuha adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Sebab, jika sholat dhuha ini dilaksanakan akan mendapatkan banyak manfaat. Hal tersebut ertulis dalam buku dengan judul “Bertambah Kaya & Berkah dengan Shalat Dhuha”. Buku tersebut karya Ustadz Khalilurrahman El-Mahfani.

Dalam buku terserbut tertulis, Rasulullah SAW bersabda: “Bagi masing-masing ruas dari anggota tubuh diantara kalian pada pagi harus dikelaurkan sedekahnya. Setiap tasbih, tahmid, tahlil, takbir adalah sedekah. Menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat.” (H.R Muslim dari Abu Dzar)

Lalu, apa saja manfaat dari melaksanakan sholat dhuha? Berikut ini beberapa manfaat yang aka Anda dapatkan usia mendirikan sholat dhuha:

  • Rezaki Berlimpah

Rasulullah SAW bersabda, “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan yang di dapat dan cepatnya kembali. Yaitu orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasa, dan lebih cepat kembalinya.”  (H.R Ahmad)

  • Emas dan istana di surga

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun istana dari emas di surga.” (H.R Tirmidzi dan Ibnu Majah.

  • Pengampunan

Allah SWT menjanjikan ampunan dosa menskipun dosa tersebut sebanyak buik di lautan jika Anda melaksanakan sholat Dhuha. Hal ini dirawatkan  H.R Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad yang artinya, “Barangsiapa yag menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walaupun dosa-dosa tersebut sebanyak buih lautan.

Dari beberapa manfaat dan hadist di atas dapat disimpulkan bahwa umat Islam dapat melakukan shalat dhuha sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Selain itu juga dapat menjadi sarana meminta reseki. Terkahir dan lainnya. Sama seperti lainnya, sholat sunah dhuha hampir sama seperti sholat sunnah lainnya. Yang membedakan yaitu niat, waktu, dan doa sholat dhuha.

Mengutip berbagai sumber, terdapat beberapa doa yang Anda panjatkan setelah sholat dhuha. Berikut ini bacaan doa sholat dhuha (dalam bahasa latin) beserta artinya”

  • Doa sholat dhuha

Allahmumma innadhudhuha-a dhuha-uka, walbaha, abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota quedrotika, wal I’smata ishmatuka. Allahumma inkaana rizqii fissama-i-da anzilhu. Wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wa inkaana harooman fa thohirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu.

 

Bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika qudrotika aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihin. Rabbighfir li, warhamni, wa tub’alayya innaka antat tawwabur rahim.

 

  • Artinya

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-mu, Penjagaan adalah penjagaan-MU. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah. Apabila sukar mudahkanlah.

 

Apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah. Dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih. Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, kau mata penerima tobat dan maha pennyayang.

Dalam doa tersebut disimpulkan bahwa setelah mendirikan sholat dhuha, Anda dapat berdoa terkait dengan keinginan dan harapat Anda. Dalam melaksanakan sholat dhuha, Anda dapat mengerjakannya minimal 2 rakaat dan masimal 12 rakaat dengan 2 rakaat/salam. Demikian informasi tentang manfaat dan doa yang Anda panjatkan setelah sholat dhuha.