Memiliki Banyak Manfaat, Yuk Intip Cara Tanam Pare Di Sini

Pare menjadi buah yang memiliki rasa pahit tetapi bisa dijadikan sebagai masakan. Banyak yang selama ini menganggap sebagai sayur, padahal tanaman ini adalah buah. Tak membutuhkan lahan yang luas, anda juga bisa menanamnya di pot. Dan berikut cara tanam pare agar tumbuh dengan subur.

Cara Praktis Menanam Pare di Rumah

  1. Siapkan bahan dan Media Tanam

Sebelum anda menanam pare, maka anda harus menyiapkan bahannya. Anda bisa membuat bibit sendiri, bisa juga membelinya di toko. Jika menanamnya di pot atau polybag, anda tentu harus menyiapkan media tanam. Terdiri dari campuran tanah dan juga pupuk perbandingannya 1 : 3.

  1. Menanam Pare

Apabila anda sudah menyiapkan media tanam, anda bisa melubangi tanahnya 3 hingga 5 cm. Biji pare dimasukkan ke dalam tanah dan kemudian ditutup. Pastikan pot tidak di tempat terlalu panas tapi tetap terkena sinar matahari. Biarkan tanpa disiram dalam waktu 1 minggu. Selanjutnya penyiraman bisa dilanjutkan seperti biasa.

  1. Perawatan

Setelah ditanam, anda juga harus memasang lanjaran karena tumbuhan satu ini merambat. Biasanya akan dipasang jika ukurannya sudah mulai 25 cm. Agar tidak ada hama, anda bisa menggunakan pestisida.

Dalam waktu sekitar 3  bulan, pare biasanya baru akan berbunga. Dan setelahnya akan segera berbuah, butuh waktu sekitar 2 hingga 3 minggu. Jika sudah berbuah dan cukup besar, anda bisa memanennya ketika warnanya sudah hijau. Waktu panen berikutnya biasanya butuh waktu 3 bulan lagi.