Mengenal Masjid Kapal Semarang Yang Unik

Selain Masjid Agung Semarang, ada lagi wisata religi yang wajib Anda kunjungi ketika di Semarang. Wisata religi tersebut yaitu Masjid Kapal Semarang. Nama asli masjid ini yaitu Safinatun Najah. Masjid yang dibangun dengan arsitektus bangunan bahtera Nabi Nuh ini berlokasi tidak jauh dari perbatasan Kendal-Semarang. Tepatnya, di Jalan Kyai Padak, Keluarahan Podorejo, Ngaliyan, Kota Semarang.

Masjid yang dibangun di atas leahan seluas kurang lebih 7,5 hektar ini dibangun pada tahun 2015. Masjid Kapal Semarang yang memiliki luas bangunan sekitar 2.500 m2 ini dikelilingi parit. Sehingga seolah-olah masjid ini mengapung di atas air, layaknya kapal. Masjid yini memiliki empat lantai. Selain itu, masjid ini juga memiliki tiga pintu masuk di sisi kanan dan di sisi kiri.

Lantai pertama masjid ini sendiri berisikan ruang pertemuan, tempat wudhu, dan toilet. Sedangkan, lantai keduanya merupakan tempat ibadah. Di dalam lantai dua ini juga terdapat satu lukisan ka’bah tiga dikemsi yang tertempel di dinding mihrab masjid. Sementara, lantai ketiga dari masjid kapal ini digunakan sebagai perpustakaan.

Kemudian, untuk lantai keempat sendiri merupakan lokasi yang pas untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Jadi, selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Kapal Semarang ini juga memiliki banyak fungsi lainnya. Mulai dari tempat pertemuan, tempat refreshing, tempat membaca, dan lain sebagainya.