Mengenal Peninggalan Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia

Masuknya ajaran Hindu Buddha di negara Indonesia tentu saja memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sosial masyarakat. Apalagi dengan banyak berkembangnya kerajaan yang eksis di masa lalu. Ini menyebabkan adanya berbagai macam peninggalan-peninggakan kerajaan Hindu Buddha di Indonsia seperti berikut ini, yaitu:

  1. Prasasti

Prasarti adalah sebuah peninggalan kerajaan yang berupa tulisan batu. Di dalam setiap prasasti tersebut pasti mengandung sebuah cerita.  Bahasa tulisan yang digunakan biasanya menggunakan bajasa sansekerta, jawa kuno dan juga ada yang menggunakan bahasa melayu kuno. Prasasti ini dianggap sebagai sebuah dokumen yang tertulis di dalam batu atau tembaga. Ada beberapa contoh prasasti yaitu : prasastui Talang Tuo, Prasasti sanur, Prasati Kota Kapur dan lainnya.

  1. Candi

Candi merupakan sebuah bangunan kuno yang dibuat dari batu. Candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan penyimpanan abu jenazah para raja dan pendeta. Selain itu, fungsi candi sendiri digunakan untuk memuliakan raja. Oleh karena itu, kita sering melihat sesajen yang taruh di sekitar candi. Ada beberapa contoh candi misalnya candi prambanan, candi mendut, borobudur, dan sebagainya.

Selain dua peninggalan yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa bentuk peninggalan kerajaan hindu-buddha lainnya seperti arca dan kitab. Semua peninggal tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan harus selalu dilestarikan.