Obat Herbal Untuk Ginjal

Ginjal termasuk organ dalam sistem sekresi tubuh. Cara kerjanya adalah menyaring dan menyerap zat-zat yang masih dapat diserap oleh tubuh, menyisakan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh, kemudian membuangnya dalam bentuk urin.

Apabila terjadi masalah dengan ginjal, maka proses penyaringan dan penyerapan nutrisi di dalamnya pun akan terhambat. Contohnya pada kencing manis atau diabetes di mana urin penderitanya mengandung gula.

Untuk mengatasinya, Anda akan butuh pengobatan intensif baik dari dokter maupun menggunakan ramuan obat herbal tradisional. Meski begitu, konsultasikan ke dokterdulu sebelum mulai mengosumsi obat herbal. Ini karena obat herbal yang dikonsumsi bersamaan dengan obat-obattertentu dapat memberikan efek negatif.

Berikut obat herbal untuk ginjal yang direkomendasiakn.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah obat herbal yang memiliki banyak khasiat dan dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengobati batuk, mengatasi keputihan, mengatasi rematik, mengobati infesi saluran kemih, dan lain sebagainya.

Obat herbal yang berasal dari kumis kucing juga dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit ginjal, misalnya batu ginjal. Pasalnya, kumis kucing dapat memberikan efek diuretik yang memungkinkan tubuh memproduksi lebih banyak urin. Dengan begitu, batu ginjal pun dapat dikeluarkan secara alami.

Meski begitu, bukan berarti setiap batu ginjal dapat diatasi dengan obat herbal ini. Oleh karena itulah Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter apabila memiliki masalah ginjal seperti batu ginjal.

  1. Seledri

Batang dan daun seledri adalah sayuran yang kerap digunakan untuk melengkapi masakan. Namun, siapa sangka bagian dari tanaman ini yaitu akar dan bijinya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal.

Ini karena kedua bagian tanaman tersebut mengandung natrium dan kalium serta bersifat diuretik alami, yaitu mampu membersihkan serta menstimulasi ginjal.

Selain dapat membersihkan ginjal, seledri juga dapat digunakan untuk memperlancar pencernaan, menyeimbangkan kadar darah pada penderita anemia, mengurangi sendi kaku, serta mengatasi kanker usus.

  1. Ketumbar

Ketumbar yang lebih dikenal sebagai rempah ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal. Ini karena ketumbar mengandung zat alami yang bersifat antiinflamasi, antimikroba, antiepilepsi, antisimultagenik, antidepresan, serta inhibitor kecemasan.

Selain itu, ketumbar juga memiliki sifat diuretik atau peluruh kencing sehingga dapat membersihkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh.

Dengan senyawa yang terkandung di dalamnya itulah ketumbar dapat mengatasi masalah kesehatan pada ginjal, termasuk batu ginjal. Ketumbar yang kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan pada ginjal adalah bagian daunnya.

  1. Alang-alang

Tanaman liar seperti alang-alang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah kesehatan pada ginjal. Ini karena alang-alang mengandung polifenol, flavonoid, manitol, tanin, asam malik, asam sitrat, dan berbagai senyawa alami lain yang baik untuk mengatasi penyakit ginjal.

Alang-alang juga bersifat diuretik sehingga dapat meningkatkan produksi air seni atau urin ketika dikonsumsi. Oleh karena itulah alang-alang dipercaya dapat mengatasi batu ginjal.

Meski begitu, manfaat alang-alang terhadap penyakit ginjal belum dibuktikan melalui uji klinis sehingga Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Sebagai salah satu organ yang memiliki peran teramat penting di dalam tubuh, ginjal harus selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya misalnya dengan menggunakan obat herbal untuk ginjal yang direkomendasikan deherba.com. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat resep obat herbal di situs deherba.com.