Peluang Bisnis untuk Pemula

Memulai bisnis sendiri dapat memberikan banyak keuntungan, tetapi juga risikonya besar. Oleh karena itulah, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan membuka usaha sendiri, pemula harus memastikan bahwa mereka benar-benar paham tentang risiko yang akan dihadapi para pebisnis.

Peluang bisnis untuk pemula yang memiliki prospek baik antara lain:

  1. Online shop

Di zaman ini ketika hampir segalanya sesuatunya mulai mengarah ke transformasi digital, belanja pun menjadi semakin mudah dengan adanya online shop.

Tak hanya memudahkan pembeli atau konsumen untuk berbelanja dari rumah tanpa perlu jauh-jauh datang ke toko, online shop juga memungkinkan konsumen menemukan produk yang tidak dapat ditemukan di lingkungan tempat tinggalnya.

Ini karena sistem online shop memungkinkan penjual dan pembeli dari berbagai daerah untuk berkumpul menjadi satu di marketplace atau toko online. Dengan kata lain, jangkauan pemasaran online shop sangat luas.

  1. Reseller dan drop shipper

Reseller dan drop shipper merupakan metode bisnis yang direkomendasikan untuk pebisnis pemula yang belum berpengalaman. Pasalnya, bisnis ini tidak menuntut seorang pebisnis pemula untuk menghasilkan produknya sendiri.

Dengan kata lain, bisnis reseller dan drop shipper ini dapat dilakukan kapan saja selama Anda telah menemukan supplier yang sesuai.

Reseller yang berarti menjual kembali merupakan metode berbisnis dengan cara membeli produk dari supplier kemudian menjualnya kembali. Dengan kata lain, Anda akan butuh modal dengan jumlah tertentu untuk membeli barang atau produk yang akan dijual.

Anda juga akan butuh ruang untuk menyimpan produk yang telah dibeli tersebut sebelum menjualnya kembali kepada konsumen.

Berbeda dengan reseller, berbisnis dengan menjadi drop shipper tidak menuntut Anda untuk membeli barang dari supplier, melainkan menunggu sampai ada pesanan. Sistemnya, drop shipper mempromosikan produk dengan menggunakan foto atau media lain.

Ketika ada yang memesan, drop shipper akan menerusakan pesanan tersebut ke supplier. Supplier kemudian  akan mengemas dan mengirim produk atau barang yang dipesan ke alamat pembeli dengan nama drop shipper. Oleh karena itulah berbisnis dengan cara ini dapat dilakukan sekalipun dengan modal sedikit.

  1. Franchise

Franchise atau yang juga disebut waralaba merujuk pada hak istimewa yang diberikan kepada seseorang maupun badan usaha dalam menjalankan bisnisnya. Hak istimewa yang dimaksud adalah hak untuk menggunakan ciri khas usaha maupun sistem bisnis yang telah terbukti berhasil.

Memulai bisnis ini dapat dilakukan dengan mudah sehingga sangat direkomendasi untuk pebisnis atau pengusaha yang masih pemula. Caranya adalah dengan menyediakan modal yang cukup untuk membeli franchise.

Keunggulan berbisnis dengan metode franchise atau waralaba adalah brand atau merek produk sudah dikenal oleh konsumen. Dengan begitu, Anda yang masih pemula dalam berbisnis pun tidak perlu membuat brand sendiri dan berusaha untuk mengenalkannya kepada target konsumen.

Kekurangannya adalah biaya yang dibutuhkan untuk membeli franchise yang cenderung mahal. Oleh karena itulah Anda harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memulai bisnis Franchise.

Selain beberapa peluang bisnis untuk pemula yang telah disebutkan di atas, pebisnis pemula juga dapat menggunakan affiliate marketing serta digital marketing agency. Namun, sebelum memulai, pastikan bahwa kualitas barang yang dihasilkan sudah baik. Misalnya dengan memanfaatkan maklon minuman serbuk.

Jasa maklon minuman serbuk ini sangat membantu karena Anda tidak membuat produk secara langsung, melainkan menyerahkannya kepada penyedia jasa maklon minuman.