Pendidikan Untuk Sekretaris

Pendidikan untuk sekretaris wajib ditempuh bagi yang ingin berkarir di bidang ini. Namun tidak harus selalu menempuh pendidikan formal kesekretariatan karena bisa juga dilakukan dengan pendidikan non formal atau kursus. Kini banyak lembaga kursus sekretaris yang bisa diikuti.

Namun jika memilih jalur pendidikan formal, ada jurusan kuliah yang relevan dengan profesi sekretaris yaitu jurusan ilmu administrasi.

Jurusan administrasi ini akan menunjang skill di bidang sekretaris. Karena dalam jurusan ini akan mempelajari berbagai skill yang dibutuhkan seorang sekretaris. Mulai dari perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian suatu instansi publik maupun swasta.

Skill yang dipelajari di jurusan ilmu Administrasi

Berikut ini skill dan ilmu yang dipelajari dalam jurusan ilmu administrasi :

  •         Kemampuan melakukan analisis
  •         Kemampuan berpikir strategis
  •         Kemampuan komunikasi
  •         Kemampuan mengelola organisasi

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Administrasi?

  1. Banyak pekerjaan nantinya yang bisa digeluti. termasuk menjadi sekretaris profesional.
  2. Anda bisa juga akan ahli dalam bisnis jika ambil jurusan ilmu administrasi
  3. Jika ambil jurusan administrasi negara, maka anda bisa juga daftar PNS dan menguasai ilmu manajemen publik.
  4. Bisa bekerja sebagai tax accounting jika ambil jurusan administrasi fiskal (pajak)
  5. Lulusan ilmu administrasi juga bisa lanjutkan ke jenjang S2 sehingga karirnya makin terbuka lebar.

Pendidikan untuk Sekretaris

Nah tadi sudah diulas sedikit bahwa pendidikan sekretaris bisa ditempuh dengan beberapa cara baik formal maupun non formal. Mungkin lebih baik mengambil pendidikan sekretaris jalur formal seperti kuliah mengambil jurusan ilmu administrasi.

Ada banyak kampus yang membuka jurusan ini. Anda bisa studi ilmu administrasi untuk bisa menjadi sekretaris profesional.

Tips Jadi Sekretaris

Setelah mengetahui pendidikan sekretaris, nantinya anda akan mengetahui apa saja yang menjadi tugas dan kewajiban seorang sekretaris. Beberapa tips berikut ini juga penting diperhatikan sebelum anda terjun dalam karir sekretaris.

Menguasai keterampilan dasar dan skill profesional sekretaris

Tips pertama menjadi sekretaris sukses, adalah menguasai keterampilan dasar dan skill profesional. Seperti manajemen, menguasai komputer, skill komunikasi tinggi dan masih banyak lagi.

Jika anda kuliah ambil jurusan administrasi sedikit banyak anda akan mempelajari hal ini. Yang berguna bagi karir anda nantinya ketika menjadi sekretaris. Untuk belajar tentang penguasaan komputer, kamu bisa membaca artikel tips word & excel.

Menguasai bahasa dan komunikasi

Skill penting lainya yang harus dikuasai adalah bahasa dan komunikasi. Bahasa indonesia dan bahasa inggris wajib dikuasai dengan baik untuk menjadi sekretaris profesional. Komunikasi yang bagus juga adalah skill yang wajib dikuasai karena sekretaris berkaitan dengan komunikasi publik.

Etika

Selain menguasai skill dasar, kemampuan dalam menerapkan etika bagi seorang sekretaris profesional adalah keharusan. Etika yang dimaksud adalah bagaimana sekretaris bisa membawa diri di kantor maupun di luar kantor. Sekretaris harus beretika dalam banyak aspek. Termasuk etika komunikasi, berpakaian, hingga dalam menjalankan tugas dan dalam berbagai aspek lainya yang terkait dengan pekerjaan.

Nah itulah tadi informasi pendidikan untuk sekretaris. Untuk menunjang karir di bidang ini sebaiknya menempuh pendidikan yang relevan. Seperti kuliah ambil jurusan administrasi. Dalam jurusan ini akan mempelajari berbagai ilmu dan skill yang sangat dibutuhkan terkait profesi sekretaris.

Namun demikian, jika pendidikan sekretaris formal tidak memungkinkan. Masih ada alternatif pendidikan lainya. Misalnya dengan mengikuti kursus sekretaris. Sekarang pendidikan non formal atau kursus sekretaris sudah banyak tersedia dan kualitasnya juga tidak kalah dengan pendidikan formal. Semua tergantung masing masing orang, mau ambil pendidikan formal maupun nonformal harus giat belajar sehingga bisa dijadikan bekal sukses dikemudian hari. Termasuk bagi yang ingin jadi sekretaris.