Tips Dan Trik Mengaktifkan Perekam Layar Iphone Yang Mudah Diterapkan

Seperti yang sudah diketahui, kehadiran Apple sejak sistem iOS 11 membuat perangkat ini bisa melakukan perekaman layar (Screen Recording). Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah untuk merekam video apa pun dari layar iPhone tanpa perlu instal aplikasi dan lain sebagainya. Jika ingin mengaktifkan perekam layar iphone, yuk simak ulasannya berikut ini!

Fitur Screen Recording di iPhone

Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan iPhone tentu akan bertanya tanya bagaimana cara merekam layar di perangkat ini. Padahal jika anda sudah familier, maka bisa dengan mudah memanfaatkan fitur tersebut tanpa kesusahan. Apalagi, anda tak perlu lagi mengunduh atau melakukan install pada perangkat.

Cukup dengan mengaktifkan dari fungsi di Control Center, anda sudah bisa dengan mudah menggunakan fitur screen recording. Namun, terlebih dahulu anda harus membuka Settings atau menu pengaturan terlebih dahulu. Jika masih bingung dimana letaknya menu tersebut, maka carilah ikon yang terlihat seperti roda gigi.

Kalau sudah, anda bisa mengetuk Control Center dan memilih Customize Controls. Di pengaturan inilah, anda bisa memutuskan aplikasi iPhone bawaan mana yang ingin di input pada menu Control Center nantinya. Selanjutnya, anda bisa mengetik tanda tambah hijau yang ada di bagian kiri Screen Recording. Dengan begitu menu Screen Record sudah siap digunakan.

Cara Mengaktifkan Screen Recording

Setelah berhasil melakukan setting, anda bisa langsung menggeser ke atas untuk akses Control Center. Anda harus dengan benar menggeser ke atas dari bagian yang paling bawah layar dan menemukan fitur perekaman layar di bagian bawah layar. Jika sudah, ketuk ikon Screen Recording yang terlihat seperti lingkaran padat.

Apabila anda merasa menginstal beberapa settings, anda mungkin harus menggulir hingga ke bawah dan menemukannya. Jika ingin mengaktifkannya, maka harus melakukan beberapa langkah. Ini dapat dilakukan setelah anda menekan rekam dan layar akan  menampilkan hitungan mundur 3 detik.

Jika hitungan mundur sudah hilang, maka lingkaran akan berubah menjadi merah. Hal inilah yang menandakan jika anda sudah mulai merekam layar. Jika anda menuju ke layar Home, lalu bisa dengan mudah melihat kotak merah tipis di spot atas layar. Hal ini menandakan bahwa anda sedang mengaktifkan screen recording.

Sebagai catatan, secara pengaturan bawaan ini tidak memiliki kemampuan untuk merekam audio. Jika anda ingin bisa mengaktifkan audio, coba ketuk dan tahan ikon Screen Recording selama beberapa saat. Ketika melihat lingkaran dengan ikon Mikrofon yang ada di dalamnya berubah menjadi on, maka anda akan dapat merekam suara sekaligus.

Jika anda memutuskan untuk berhenti merekam layar seperti Pixel.web.id, ada baiknya untuk menekan kotak merah di bagian atas layar. Setelah itu, anda bisa memilih Stop Recording di layar yang muncul notifikasi perekaman. Jika tidak, anda bisa kembali ke Control Center dan menggesek ke atas menekan screen recording.

Mengedit Video Screen Recording

Kalau ingin mengedit hasil perekam layar iphone, coba buka aplikasi Photos. Setelah itu, anda bisa memilih video mana yang ingin diedit. Tekan Edit dengan tombol ini berada di pojok kanan atas layar di bagian bawah layar. Hampir mirip dengan cara yang ada di aplikasi Perekam Layar PC, anda bisa seret panah yang tersedia jika ingin menyesuaikan panjang video Anda.

Secara keseluruhan, cara untuk melakukan screen recording terbilang cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah, alhasil perekaman sudah bisa diaktifkan. Selain menawarkan fitur tersebut, iphone juga dapat digunakan untuk mengedit hasil rekaman layar sesuai keinginan.