Rakaat Sholat Subuh

Sholat subuh sendiri adalah salah satu dari sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh semua umat Islam setiap hari. Untuk waktu pelaksanaan dari sholat subuh sendiri adalah fajar sampai menjelang matahari terbit. Sholat subuh ini juga bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat sunnah fajar atau qobliyah subuh sebanyak 2 rakaat terlebih dahulu. Disaat sholat subuh sendiri juga terdapat doa qunut yang akan dibacakan setelah bangkit pada rukuk di rakaat kedua.

Untuk tata cara sholat subuh pastinya bisa dilakukan setelah berwudhu. Kemudian, pastikan juga untuk sudah membaca niat dari sholat subuh sendiri. Kemudian, membacakan takhbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan dan mengucapkan kalimat takbir ÔÇťAllahu Akbar dan mengarahkan pandangan ke tempat sujud. Kemudian membaca iftitah, membaca surat Al Fatihah dan membaca salah satu surat yang ada di dalam Al Quran. Bisa suratan pendek atau surat yang dihafal di dalam Al Quran.

Kemudian melakukan rukuk, dilanjutkan Kembali dengan itidal, kemudian melakukan sujud dua kali. Kemudian berdiri dan ulangi Kembali sampai dengan membaca Surat Al Fatihah. Apabila menggunakan doa qunut, maka dilakukan setelah melaksanakan rukuk dan membaca doa qunut untuk kemudian dilanjutkan dengan sujud. Setelah melakukan sujud sebanyak dua kali, maka melakukan tahiyat akhir dan kemudain melakukan salam. Itulah tata cara dan juga jumlah rakaat dari sholat subuh yaiitu sebanyak dua rakaat.