Resep Minuman  Dalgona Kopi Kekinian Mudah Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Himbauan yang di rumah saja di awal pandemi memang membuat masyarakat terus mencari kesibukan. Hingga akhirnya muncul dalgona coffee yang ternyata menjadi minuman kekinian dan banyak diminati. Kemunculannya juga membuat bisnis minuman hits ini semakin terbuka. Dan berikut resep minuman dalgona kopi yang bisa anda coba di rumah.

Sekilas tentang Dalgona Kopi

Awal maraknya minuman kekinian ini berasal dari orang orang Korea yang membuat dalgona coffee. Kemudian mengunggahnya ke Instagram dan akhirnya menyebar ke banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalgona sendiri sudah lama ada di Korea, bahkan di tahun 1970 sampai 1990 atau yang merupakan permen dengan berbagai bentuk.

Dan memang saat itu sudah banyak yang menggunakan bahan kopi dalam permen tersebut. Penamaan Dalgona Coffee yang ada di Korea dan negara lain cukup berbeda. Di Korea Selatan memiliki rasa yang mirip dengan dalgona. Namun di negara lain menganggap jika dalgona merupakan whipped coffee.

Di Indonesia sendiri untuk membuat minuman kekinian ini tidaklah sulit. Anda bahkan sudah bisa memanfaatkan kopi instan untuk membuatnya. Beberapa merek yang paling banyak digunakan mulai dari merek Good Day, Luwak White Koffie, Torabika, Nescafe Classic sampai dengan kopi hitam bubuk. Semuanya bisa diolah untuk menjadi dalgona coffee yang nikmat.

Bahkan saat ini juga sudah banyak berkembang menggunakan bahan lainnya tidak hanya kopi. Perpaduan rasa manis dengan tekstur krim yang lembut membuat minuman dalgona ini banyak diminati. Tak sedikit juga yang menjadikannya sebagai ide bisnis yang kekinian. Anda juga bisa terus berinovasi jika ingin menjadikan menu satu ini sebagai ide usaha.

Resep Membuat Dalgona Kopi Yang Mudah

Membuat minuman kekinian ini memang tidak sulit, bahan yang dibutuhkan juga ada di sekitar anda dan diperoleh dengan mudah. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari 2 sendok makan kopi instan sebaiknya tanpa ampas. Kemudian dibutuhkan juga 2 sdm gula pasir dan juga air panas. Untuk minumannya dibutuhkan 200 ml susu putih full cream dan juga es batu.

Langkah membuatnya silahkan siapkan gelas atau wadah, dan masukkan kopi, gula dan juga air panas. Dalam membuat resep minuman dalgona kopi bisa menggunakan mixer ataupun di aduk. Bahan tersebut dihaluskan sampai mengembang seperti krim. Membutuhkan waktu yang cukup lama jika anda tidak menggunakan mixer atau mengaduknya secara manual.

Apabila menggunakan mixer, maka sebaiknya menggunakan kecepatan tinggi. Aduk hingga kopinya berubah warna menjadi coklat muda dan juga memiliki tekstur yang lembut. Di gelas yang lainnya, anda bisa menyiapkan es batu dan juga menuangkan susu. Barulah adonan dalgona bisa diletakkan di atas dari susu dan es batu, lakukan langkah ini dengan perlahan

Dalgona kopi sudah bisa disajikan dan dinikmati. Agar tampilannya semakin cantik, anda juga bisa menghiasi atasnya dengan tambahan bubuk kopi atau coklat. Atau bisa menggunakan topping biskuit coklat sebagai pelengkap. Perlu anda tahu, jika takaran gulanya bisa disesuaikan dengan selera apabila tak suka pahit tinggal ditambahkan saja jumlah takaran gulanya.

Memulai bisnis minuman kekinian tidak hanya bisa menggunakan bubuk minuman premium saja. Tetapi juga bisa memanfaatkan kopi instan untuk dijadikan sebagai dalgona kopi yang sedang hits. Anda juga bisa berkreasi dengan bubuk lainnya agar lebih bervariasi. Walaupun saat ini sudah tidak terlalu hits, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba memasukkannya dalam menu bisnis anda.