Mengulik Sunnah Berpakaian dalam Islam

Selain adanya aadab, dalam islam juga di atau terkait tatacara berpakaian yang baik dan benar. Salah satu yang harus di perhatikan  dalam berpakaian yang baik dan benar adalah dengan menerapkan sunah sesuai syariat Islam itu sendiri. Lalu sebenarnya apa saja sunnah berpakaian dalam islam? Penasaran penjelasan lengkapnya? Berikut paparan detailnya untuk anda.

Berbagai Macam Sunnah untuk Berpakaian dalam Agama Islam

  1. Membaca Do’a pada Saat Berpakaian

Salah satu sunnah yang harus dikerjakan pada saat berpakaian jika ditinjau dalam aturan dalam Agama Islam, maka disunahkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah anfda berdo’a saat mengenakan pakaian, dilanjutkan dengan menggunakan dari bagian kanan terlebih dahulu. Dan itu juga saya jika anda ingin mengenakan celana dan lainnya.

  1. Lebih di Sunnahkan untuk Menggunakan Pakaian Berwarna Putih

Khusu bagi seoarang laki-laki mereka seringkali di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang memakai pakaian yang serba putih. Bahkan Nabi Sendiri juga menuturkan bawasabisednrii juga menuturkan bahwa tertarik dan timbul rasa suka pada saat umatnya telah mengenakan pakain yang serba putih.

Dalam sunnah di Agama Islam menjelaskan, bahwasannya mengenakan pakaian putih ini sangat disunnahkan terlebih jika ingin menjalankan ibadah, seperti sholat jumat, atau fardhu, dan bahkan juga hari raya. Dalam ibadah sehari-hari, penggunaan baju berwarna putih akan melambangkan kesucian dan juga kebersihan hati dari berbagai dosa yang sudah diperbuat.

Namun hal tersebut bukan sama artinya pakaian yang bagus dan benar untuk menjalankan ibadah sholat harus berwarna putih saja, sehingga lainnya akan mengurangi pahala. Namun lebih dari itu, sebab syarat terpenting dari pakain yang digunakan untuk sholat haruslah menutup aurat, bersih, dan tidak mempunyai motif yang ramai.

  1. Pakaian yang Berbentuk Gamis tanpa Lekukan

Sunnah yang dicontohkan selanjutnya dalam berpakaian bagi para muslimah sebaiknya berbentuk gamis atau dress. Hal ini menjado alasan karena pada dasarnya gamis ini tertutup dan tidak membentuk lengkuk pada tubuh. Namun penggunaan gamis ini pada dasarnya tidak hanya oleh perempuan saja, namuan laki-laki juga bisa mengenakan pakaian ini.

  1. Berpakaian dengan Wangi-Wangian

Dalam berpakaian terakhir yang harus diperhatikan adalah penggunaan wewangian. Tujuan utama dari menggunakan wewangian ini adalah untuk memastikan bahwasannya orang yang ada di sekitar anda bisa nyaman saat dekat atau berbincang dengan anda. Namun yang perlu diperhatikan, jangan sampai menggunakan wewangian yang berlebihan dan terlalu menyengat.

Bila penggunaan wangi-wangi ini dibubuhkan dalam kadar yang tepat dan tidak berlebihan, maka akan memberikan dampak positif pada diri anda sendiri dan juga orang lain. dimana untuk anda sendiri bakal meningkatkan semangat dan juga kepercayaan diri, sedangkan bagi orang lain akan membuatnya nyaman.

  1. Memebaca Do’a pada Saat Melepas Pakaian

Sunnah berpakaian dalam Islam selanjutnya adalah dengan membaca do’a tatkala anda ingin melepas pakaian. pembacaan doa pada saat melepas pakaian ini tadi adalah sebagai slaah stau wujud syukur atas segala karunia yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Meskipun nampak sepele, namun pada dasarnya hal semacam itu memberikan dampak kebahagiaan yang luar biasa kepada anda.

Kesimpulannya, bahwasannya da lima macam sunnah dalam berpakaian di Islam, kelima sunah yang di maksud antara lain adalah dengan Membaca do’a saat dan setelah berpakaia, lebih di sunnahkan untuk menggunakan pakaina berwarna putih, pakaian yang berbentuk gamis, dan juga mengenakan baju dengan balutan wangi-wangian sesai porsinya.