Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat yang Cocok untuk Keluarga

Mengunjungi sebuah kota atau kabupaten terkadang tidak selalu memungkinkan seseorang untuk menemukan tempat hiburan yang benar-benar memiliki rancangan atau fungsi yang bisa menghasilkan hiburan. Liburan yang menyenangkan lebih dibebankan pada orang yang diajak untuk berlibur. Tempat berlibur hanyalah wadah yang akan digunakan seseorang untuk menikmati kebersamaan. Salah satu tempat liburan yang tidak terlalu buruk adalah kabupaten Tulang Bawang Barat. Kabupaten Tulang Bawang akhirnya dimekarkan dan dibagi sehingga Tulang Bawang Barat terbentuk. Kabupaten ini merupakan  tempat yang diyakini sebagai asal usul Lampung karena 4 marga tertua di Lampung berasal dari Tulang Bawang Barat yang bisa dijangkau dari berbagai kota menggunakan jasa yang ditawarkan dalam situs Hargatiket.net. Tidak heran jika beberapa tempat yang dinyatakan bersejarah akan memiliki hubungan dengan 4 marga ini.

Islamic Centre Bagi dari Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat yang Bagus

Beberapa waktu yang lalu populer sebuah istilah Islamic Center yang datang dari kebiasaan di luar negeri dimana penduduknya kebanyakan orang non-Muslim sehingga Muslim adalah minoritas di sana. Orang-orang Islam kemudian dipusatkan di sebuah masjid kemudian masjid tersebut disebut dengan Islamic Center. Orang Islam mungkin mulai berkurang di Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga pemerintah berpikir baik untuk meresmikan sebuah masjid yang pada awalnya disebut dengan Asmaul Husna menjadi Islamic Center Tulang Bawang Barat. Area masjid juga tidak tampak seperti tempat ibadah kecuali memang pada waktu shalat. Bangunan masjid juga berubah menjadi tidak lazim seperti bangunan masjid pada umumnya di Indonesia.

 

Mungkin juga pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat merasa penamaan yang baru diperlukan setelah area Masjid Asmaul Husna direnovasi dan diperluas dengan menambahkan berbagai atribut yang membuat masjid ini layak untuk menjadi sebuah tempat wisata. Di tempat ini ada banyak kolam, taman dan area berumput yang luas dan terawat. Kolam berisi ikan bisa dinikmati sebagai tempat duduk santai. Tidak hanya orang dari kota lain banyak juga penduduk lokal yang memilih untuk datang ke Islamic Center bukan untuk beribadah tapi untuk menikmati suasana pada waktu tertentu yang tentu saja sangat sejuk dan nyaman di area yang masih bagus dan alami ini.

Wisata Megow Pak Suku Pertama di Lampung

Megow Pak memiliki makna Marga Empat, yaitu empat marga yang pertama kali datang ke Lampung dari Melayu. Sebagai pembentuk sejarah Lampung maka marga yang empat ini dihargai sekali sehingga rumah adat untuk keempat marga didirikan di Islamic Center dengan tujuan sebagai sebuah indikasi bahwa Islamic Center ini juga menjadi pusat peradaban pertama Lampung. Marga yang empat ini adalah Tegamoan, Buay Bulan, Buay Aji dan Suwai Umpu. Islamic Center yang terletak di Desa Pulung Kencana Kelurahan Panaragan ini terletak di sebuah Kecamatan yang juga memiliki nama menarik yaitu Tulang Bawang Tengah. Nama ini menjadi menarik karena Tulang bawang Tengah begitu kecil sehingga hanya cocok disebut sebagai kecamatan di dalam Kabupaten Tulang Bawang Barat.

 

Tugu Megow pak juga didirikan pada tahun 2016 sebagai penghormatan kepada ke empat suku ini. Tugu didirikan di jalan antar kabupaten sekaligus penanda bahwa pengendara masuk dan meninggalkan wilayah Tulang Bawang Barat. Karena berada di pinggir jalan ada baiknya untuk singgah dan berfoto di tempat ini sebagai sebuah kenang-kenangan. Tugu ini berbentuk relief yang hampir sama dengan relief presiden di Amerika.  Ukurannya juga termasuk cukup besar sehingga mudah bagi seseorang untuk berfoto dari jarak jauh atau dengan kata lain berfoto langsung dari pinggir jalan.